Pada dasarnya apabila software antivirus selalu diupdate akan dapat melindungi komputer secara maksimal. Tetapi kembali lagi bahwa setiap antivirus memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga kamu perlu lebih cermat dalam menentukan mana antivirus yang kamu butuhkan.

Berikut adalah beberapa kategori yang bisa dijadikan acuan saat menggunakan antivirus:

1. Dapat Mendeteksi Malware dengan Optimal
Malware merupakan ancaman berbahaya bagi komputer. Seperti yang pernah ditulis di artikel sebelumnya kalau komputer baru sekalipun kemungkinan sudah terdapat malware di dalam sistemnya. Antivirus sebaiknya dapat mendeteksi ini semenjak awal digunakan, sehingga tidak menunggu sampai malware merusak komputer.

2. Memiliki fitur perlindungan lain
Bagi para pengguna yang hanya personal mungkin fitur perlindungan lain ini hanya sebatas antispam, antivirus email, firewall, parental control, internet control, backup data. Tetapi bagi kalangan bisnis perlu ada tambahan lain seperti Application control dan device control.

3. Kemudahan dalam pengaduan dan layanan lain
Bila antivirus ada kerusakan atau menunjukkan hal yang aneh, setidaknya kamu tahu kemana kamu harus menghubungi demi mendapat kejelasan dan penanganan yang benar. Antivirus yang resmi, rata-rata memiliki kantor distribusi di tiap negara demi memberikan pelayanan pada pelanggannya.

4. Back up secara teratur
Beberapa produk antivirus memberikan fasilitas back up data secara otomatis untuk perlindungan data kamu ke beberapa storage. Jadi jika terjadi kerusakan maka kamu tinggal restore back up data yang sudah ada.

Antivirus sebaiknya digunakan satu saja dalam komputer, agar tidak memberatkan performa komputer. Dan jika kamu bingung menentukan antivirus apa yang lengkap dan gratis, Software Maulana merekomendasikan menggunakan AVG,Avast dan Avira.

0 komentar:

Posting Komentar