Internet sekarang mudah diserang dengan berbagai aksi kriminal. Bagi pengguna komputer atau perangkat mobile yang kurang waspada terhadap hal-hal seperti ini akan sangat mudah menjadi korban. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir resiko di hack.

Microsoft membagikan tips praktis bagi para pengguna internet tanpa harus khawatir menjadi korban kejahatan:

1. Kunci komputer serta berbagai akun dengan password yang kuat, dan juga gunakan PIN untuk ponsel anda. Anda bisa menggunakan keepass untuk menyimpan password anda.

2. Jangan lakukan transaksi online seperti pembayaran tagihan, transaksi bank, belanja, atau kegiatan penting lainnya melalui perangkat komputer miliki umu atau dari laptop dan ponsel melalui jaringan Wi-Fi yang terbuka untuk umum, seperti hotspot.

3. Hati-hati terhadap pesan atau e-mail yang mencurigakan. Jika terlihat aneh dan tidak mengenal pengirimnya lebih baik langsung hapus saja, apabila dikirim dari orang yang dikenal coba di cek kembali dengan melihat judulnya.

4. Pastikan website yang dikunjungi aman dan terpercaya sebelum memasukan data yang seksitif. Periksa kembali petunjuk enkripsi, misalnya alamat web dengan 'https' atau logo gembok di sudut kanan tampilan situs.

5. Jangan berikan alamat e-mail utama atau instant messaging kepada orang tak dikenal atau lembaga yang tidak diketahui reputasinya. Hindari menampilkan data tersebut dari lama jejaring sosial atau direktori internet. Langkah ini juga bisa jadi cara mengurangi spam dari inbox.

Tips ini dapat digunakan ketika anda ingin membuat akun baru, atau sedang berada di tempat umum. Keamanan data anda adalah yang terpenting. Silahkan share jika ada yang memiliki ide lain.

0 komentar:

Posting Komentar